Kota Pasuruan


Kota Provinsi dan Kabupaten di Jawa Timur : Bangkalan  Bangkalan , Banyuwangi Banyuwangi , Blitar Kanigoro, Bojonegoro, Bondowoso Gresik , Jember, Jombang, Kediri Ngasem , Lamongan Lumajang , Madiun Caruban Magetan , Malang Kepanjen, Mojokerto Mojosari , Nganjuk , Ngawi , Pacitan , Pamekasan , Pasuruan Bangil , Ponorogo , Probolinggo Kraksaan, Sampang, Sidoarjo, Situbondo , Sumenep , Trenggalek, Tuban, Tulungagung, Kota Batu, Kota Blitar , Kota Kediri,  Kota Madiun , Kota Malang, Kota Mojokerto, Kota Pasuruan , Kota Probolinggo, Kota Surabaya. 


Kota Pasuruan


Kota Pasuruan adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terletak 60 km sebelah tenggara Surabaya, ibu kota provinsi Jawa Timur dan 355 km sebelah barat laut Denpasar, Bali. Seluruh wilayah Kota Pasuruan berbatasan dengan Kabupaten Pasuruan. Kota Pasuruan berada di jalur utama pantai utara yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Bali yang menjadikannya sebagai kota dengan prospek ekonomi yang besar di kawasan Indonesia bagian timur.



Pasuruan adalah sebuah kota pelabuhan kuno. Pada zaman Kerajaan Airlangga, Pasuruan sudah dikenal dengan sebutan "Paravan" . Pada masa lalu, daerah ini merupakan pelabuhan yang sangat ramai, yang dulu dikenal sebagai "Tanjung Tembikar". Letak geografisnya yang strategis menjadikan Pasuruan sebagai pelabuhan transit dan pasar perdagangan antar pulau serta antar negara. Banyak bangsawan dan saudagar kaya yang menetap di Pasuruan untuk melakukan perdagangan. Hal ini membuat kemajemukan bangsa dan suku bangsa di Pasuruan terjalin dengan baik dan damai.


Tempat Wisata Pemandian Banyu Biru (tahun 1880-an) Kota Pasuruan memiliki beberapa tempat wisata, yaitu:

Pelabuhan , Pusat aktivitas nelayan, juga menjadi lokasi perdagangan hasil laut. Nelayan yang beraktivitas di sini berasal dari sekitar Pasuruan hingga nelayan pulau lain.
Taman Kota, Terletak dekat Stadion Untung Suropati, dengan fasilitas utama tempat bermain anak-anak. Seiring dengan pemenuhan kebutuhan teknologi, tambahan fasilitas wifi di Taman Kota menjadi daya tarik untuk tempat ini. Dan di samping tempat ini terdapat perpustakaan kota.
Astoria, Waterpark yang ada di kawasan CBD di samping carrefour pasuruan.
Bioskop Star Cineplex, Bioskop yang terletak di kompleks pertokoan BCA lama, terdapat dua studio yang selalu memutar film-film Indonesia maupun luar negeri.
Kolam Renang
Kolam Renang Pondok Surya Kencana (Perumahan Pondok Surya Kencana)
Kolam Renang Inna Joyo Tirto (Jl. Patiunus, BugulKidul )
Kolam Renang Milenium ( Perumahan Millenium, Wironini )
Taman
Taman Lansia (Jl. Ki Hajar Dewantoro)
Taman Pekuncen (Jl. Dr Wahidin Sudirohusodo)
Taman Sekargadung / Hutan Kota (Jl. Sekarsono)
Taman Hayati (Petahunan)
Taman Hijau Karang ketug
Taman Kota Pasuruan
Alun-Alun Pasuruan


Kota Pasuruan terdiri dari 4 kecamatan dan 34 kelurahan (dari total 666 kecamatan, 777 kelurahan, dan 7.724 desa di Jawa Timur). Pada tahun 2017, jumlah penduduknya mencapai 209.104 jiwa dengan luas wilayah 35,29 km² dan sebaran penduduk 5.925 jiwa/km².[2]

Daftar kecamatan dan kelurahan di Kota Pasuruan, adalah sebagai berikut:

  1. Bugulkidul, Kepel, Blandongan, Tapaan, Bakalan, Krampyangan, Bugul Kidul. 
  2. Gadingrejo, KarangketugGentongSebaniPetahunanBukirRandusariKrapyakrejoGadingrejo
  3. Panggungrejo, BangilanBugul, LorKandangsapiKaranganyarKebonsariMandaranrejoMayanganNgemplakrejoPanggungrejoPekuncenPetamananTamba'anTrajeng
  4. Purworejo, Kebonagung, Pohjentrek, Purutrejo, Purworejo, Sekargadung, Tembokrejo, Wirogunan.



Daftar kabupaten dan kota di Indonesia menurut provinsi

Sumatra : Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatra SelatanLampungKepulauan Bangka Belitung Jawa : JakartaJawa BaratBantenJawa TengahYogyakartaJawa Timur, Kalimantan : Kalimantan BaratKalimantan TengahKalimantan SelatanKalimantan TimurKalimantan Utara, Nusa Tenggara, BaliNusa Tenggara BaratNusa Tenggara Timur, Sulawesi , Sulawesi BaratSulawesi SelatanSulawesi TengahSulawesi TenggaraSulawesi UtaraGorontalo, Maluku , MalukuMaluku Utara, Papua, Papua Barat, Papua


0 Response to "Kota Pasuruan"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *