Kota Balikpapan

Kota Balikpapan 


Kota Balikpapan adalah sebuah kota di Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Sebagai pusat bisnis dan industri, kota ini memiliki perekonomian terbesar di seluruh Kalimantan, dengan total PDRB mencapai Rp79,65 triliun pada tahun 2016.Dari sisi kependudukan, Balikpapan adalah kota terbesar kedua di Kalimantan Timur (setelah Kota Samarinda) dengan total penduduk sebanyak 645.727 pada tahun 2018. 

kota-balikpapan


Balikpapan merupakan gerbang utama menuju ibu kota Indonesia yang baru, dengan keberadaan Pelabuhan Semayang dan Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman; keduanya merupakan yang tersibuk di Kalimatan. Balikpapan berawal dari sebuah perkampungan nelayan di tepi Selat Makassar pada abad ke-19. Pengeboran pertama sumur minyak di kota ini dimulai pada 10 Februari 1897, yang kemudian ditetapkan sebagai hari jadi Kota Balikpapan. Pada tahun 1907, Bataafsche Petroleum Maatschappij (BPM) mendirikan kantor di kota ini, yang kemudian diikuti oleh masuknya investasi dari berbagai perusahaan multinasional. Perekonomian kota yang tumbuh sangat pesat memancing banyak pendatang dan ekspatriat ke Balikpapan. Saat ini, Balikpapan telah menjadi kota besar yang multi-etnis dan sering dinobatkan sebagai salah satu kota paling layak huni di Indonesia.


Rumah Sakit, Perguruan Tinggi, Apotik, Hotel Kota Balikpapan 



  • Universitas Balikpapan, Politeknik Negeri Balikpapan, STT Migas, STIE Madani Balikpapan, STIE Balikpapan (STIEPAN), STMIK Balikpapan, Akademi Sekretari dan Manajemen Indonesia, Institut Teknologi Kalimantan (ITK), Universitas Tri Dharma, Universitas Mulia, Institut Kristen Borneo, STIT Balikpapan (STITBA), STAI Ibnu Khaldun Balikpapan, Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Kalimantan Timur Balikpapan. 
  • Plaza Balikpapan, Trade Mall Balikpapan, E-Walk Balikpapan, Pentacity, Mall Balikpapan Baru, Rapak Plaza, Plaza Kebun Sayur, Living Plaza Balikpapan, Balikpapan Ocean Square Mall, Giant Extra, Transmart Balikpapan, Lotte Mart, Pasar Segar, Pasar Klandasan, Pasar Kebun Sayur, Pasar Butun

Berikut adalah daftar kecamatan dan kelurahan di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Kabupaten Bulungan terdiri dari 6 kecamatan dan 34 kelurahan. Pada tahun 2017, jumlah penduduknya mencapai 619.983 jiwa dengan luas wilayah 527,00 km² dan sebaran penduduk 1.176 jiwa/km².[1] Daftar kecamatan dan kelurahan di Kota Balikpapan, adalah sebagai berikut: Kecamatan Jumlah Desa Daftar Desa/Kelurahan Balikpapan Timur, Balikpapan 4 lbs Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur Kelurahan LamaruManggarManggar BaruTeritip Balikpapan Barat, Balikpapan 6 lbs Kecamatan Balikpapan Barat, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur Kelurahan Baru IlirBaru TengahBaru UluKariangauMargasariMargo Mulyo Balikpapan Utara, Balikpapan 6 lbs Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur Kelurahan Batu AmparGraha IndahGunung SamarindaGunung Samarinda BaruKarang JoangMuara Rapak Balikpapan Tengah, Balikpapan 6 lbs Kecamatan Balikpapan Tengah, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur Kelurahan Gunung Sari IlirGunung Sari UluKarang JatiKarang RejoMekar SariSumber Rejo Balikpapan Selatan, Balikpapan 7 lbs Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur Kelurahan Damai BahagiaDamai BaruGunung BahagiaSepingganSepinggan BaruSepinggan RayaSungai Nangka Balikpapan Kota, Balikpapan 5 lbs Kecamatan Balikpapan Kota, Balikpapan, Kalimantan Timur Kelurahan DamaiKlandasan IlirKlandasan UluPrapatanTelaga Sari

0 Response to "Kota Balikpapan "

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *