Kota Probolinggo


Kota Provinsi dan Kabupaten di Jawa Timur : Bangkalan  Bangkalan , Banyuwangi Banyuwangi , Blitar Kanigoro, Bojonegoro, Bondowoso Gresik , Jember, Jombang, Kediri Ngasem , Lamongan Lumajang , Madiun Caruban Magetan , Malang Kepanjen, Mojokerto Mojosari , Nganjuk , Ngawi , Pacitan , Pamekasan , Pasuruan Bangil , Ponorogo , Probolinggo Kraksaan, Sampang, Sidoarjo, Situbondo , Sumenep , Trenggalek, Tuban, Tulungagung, Kota Batu, Kota Blitar , Kota Kediri,  Kota Madiun , Kota Malang, Kota Mojokerto, Kota Pasuruan , Kota Probolinggo, Kota Surabaya. 


Kota Probolinggo


Kota Probolinggo adalah sebuah kota di Provinsi JawaTimur, Indonesia. Terletak sekitar 100 km sebelah tenggara Surabaya, Kota Probolinggo berbatasan dengan Selat Madura di sebelah utara, serta Kabupaten Probolinggo di sebelah timur, selatan, dan barat. 

kota-probolinggo


Probolinggo merupakan kota terbesar keempat di Jawa Timur setelah Surabaya, Malang, dan Kediri menurut jumlah penduduk, dan jumlah penduduk kota ini ditahun 2018 berjumlah 235.0211 jiwa.[1] Kota ini terletak di wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur dan menjadi jalur utama pantai utara yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Bali.

Transportasi antar Kota

Terminal Bayuangga merupakan terminal terbesar di Kota Probolinggo yang memiliki 6 shelter. Terminal ini melayani beberapa armada bus antar kota dalam provinsi, yakni menuju Surabaya, Malang, Kencong, Ambulu, Jember, Banyuwangi, Situbondo, dan Bondowoso. Selain itu juga tersedia armada bus antar kota antar provinsi, yakni Probolinggo-Tuban-Semarang, Probolinggo-Jember-Denpasar, Probolinggo-Situbondo-Denpasar, Probolinggo-Cirebon, dan Probolinggo-Yogyakarta.

Stasiun Probolinggo (PB) +5M
Stasiun Probolinggo merupakan stasiun kereta api kelas I yang dioperasikan oleh Daerah Operasional IX Jember. Ada pun kereta api yang singgah di stasiun ini antara lain:

Mutiara Timur (eksekutif-bisnis), jurusan Banyuwangi-Surabaya PP
Logawa (ekonomi), jurusan Purwokerto-Surabaya-Jember PP
Sri Tanjung (ekonomi), jurusan Banyuwangi-Surabaya-Yogyakarta PP
Tawang Alun (ekonomi), jurusan Banyuwangi-Bangil-Malang PP
Probowangi (ekonomi), jurusan Banyuwangi-Surabaya PP
Transportasi dalam Kota
Lin atau Len (sebutan warga untuk angkot atau angkutan kota),
Angkutan yang menghubungkan sebagian besar jalur-jalur utama dalam Kota Probolinggo. Transportasi massal ini berupa mobil berwarna kuning. Tarif rata-rata Rp 5000 untuk umum dan Rp 3000 untuk pelajar. Ada pun trayek lin yang ada, antara lain:

Lin A: Terminal Bayuangga-Jl. Soekarno Hatta-Jl. PB. Sudirman-Jl. Pahlawan(Cokroaminoto)-Slamet Riyadi Kademangan
Lin B: Dringu-Jl. PB. Sudirman-Jl. Pahlawan-Jl. DI. Panjaitan-Jl. KH. Mansur-Jl. Gatot Subroto-Jl. Panglima Sudirman
Lin C: Jl. PB. Sudirman-Jl. Pahlawan-Jl. Cokroaminoto-Jl. Mastrip-Wonoasih
Lin D: Terminan Banyuangga-Jl. PB. Sudirman-Jl. Hayam Wuruk-Jl. KH. Mansur-Jl. DI. Panjaitan-Jl. Soekarno Hatta-Terminal Banyuangga
Lin E: Jl. KH. Mansur-Jl. Gatot Subroto-Jl. PB. Sudirman-Jl. KH. Hasan Genggong Jorongan
Lin F: Terminal Banyuangga-Jl. Soekarno Hatta-Jl. Panglima Sudirman-Jl. DR. Sutomo-Jl. Imam Bonjol-Jl. Gatot Subroto-Jl. Pahlawan
Lin G: Terminal Banyuangga-Jl. Soekarno Hatta-Jl. DI. Panjaitan-Jl. Ach. Yani-Jl. Serma Abdul Rahman-Jl. Panglima Sudirman-Jl. Pahlawan-Jl. Soekarno Hatta
Lin H: Dringu-Jl. PB. Sudirman-Jl. Pahlawan-Jl. DI. Panjaitan-Jl. KH. Mansur-Jl. Gatot Subroto-Jl. PB. Sudirman
Lin I: Jl. DI. Panjaitan-Jl. KH. Mansur-Jl. Gatot Subroto-Jl. Pahlawan-Jl. Cokroaminoto-Jl. Wahid Hasyim-Jl. A. Hamid-Jl. Sunan Ampel
Lin J: Wonoasih-Jl. PB. Sudirman-Dringu-Jl. PB. Sudirman-Jl. Pahlawan-Jl. Cokroaminoto-Jl. Mastrip-Wonoasih
Bison/MPU
Angkutan ini menghubungkan hanya beberapa daerah yang dilewati jalan antar kota, seperti, Sumbertaman, Pabean dan Sukoharjo. Tarif rata-rata Rp 3000. Transportasi berupa mobil yang berukuran besar.

Pariwisata
Tempat Wisata
Probolinggo dikenal sebagai kota singgah dalam perjalanan pariwisata menuju Gunung Bromo. Secara umum Probolinggo dijangkau oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara melalui Surabaya dengan menggunakan kendaraan umum seperti bus maupun kereta api. Adapun objek wisata dalam kota sebagai berikut:

Taman Wisata Studi Lingkungan (TWSL)
Berupa kebun binatang mini yang berada di daerah Mangunharjo. Satwa yang ada dalam kebun binatang ini cukup beragam. Kini, TWSL terus dikembangkan. Biaya masuk hanya Rp 3000/orang untuk dewasa dan Rp 2000 untuk anak-anak.

Pelabuhan Tanjung Tembaga dan Perikanan Pantai
Masyarakat kota Probolinggo sering berwisata ke Pelabuhan Tanjung Tembaga dan Perikanan Pantai. Walaupun sebenarnya bukan sebuah objek wisata, tetapi pemandangan dan suasana yang disajikan cukup bagus. Tarif masuk hanya dikenakan terhadap kendaraan bermotor. Untuk Sepeda Motor sebesar Rp 1000 dan Mobil Rp 2000.

Alun-Alun
Alun-Alun merupakan pusat kota Probolinggo. Terdapat beberapa bangunan penting mengelilingi alun-alun tersebut, seperti, Perpustakaanl, Penjara, Masjid, Kantor DPRD, dan Stasiun. Di sekitar alun-alun juga terdapat banyak penjual makanan dan minuman (semacam pusat jajanan). Terutama setiap minggu, diadakan pasar di alun-alun kota ini, menjual makanan dan berbagai tumbuh-tumbuhan. Tidak dikenakan biaya untuk masuk alun-alun.

Taman Manula
adalah taman rekreasi terletak di jalan Soekarno Hatta yang menyediakan fasilitas HotSPot gratis dan juga fasilitas Massage relaksasi.

Museum Probolinggo
yaitu museum yang dirintis sejak tahun 2009 dengan mengumpulkan sejumlah bukti-bukti. Misalnya bangunan, pusaka dan foto-foto kuno. Setelah tim museum terbentuk, akhirnya memburu dan mengumpulkan sejumlah bukti sejarah Probolinggo.Sebanyak 140 koleksi Museum Probolinggo terdiri dari temuan Arkeologi, Etnografi, Nomismatik (Uang), Filologi, Keramik Arkelogi, Pusaka, Alat Transportasi dan foto-foto masa lalu.

Benteng Mayangan
Benteng peninggalan zaman penjajahan di daerah Mayangan, Kota Probolinggo.

BeeJay Bakau Resort (BJBR)
Adalah ekowisata bakau di atas pantai pasang surut di Kota Probolinggo dengan fasilitas lengkap antara lain: Pantai pasir putih dengan Permainan Air, Water Boom, FlyingFox, Cafe, Restoran Sari Laut dan Bungalow.

Mahagoni Park
Adalah wisata yg terletak di kecamatan Sumber... Mahagoni Park adalah Wisata Hutan Pinus yg menyajikan pemandangan yg Sangat Indah

Berikut ini adalah daftar kecamatan dan kelurahan di Kota Probolinggo, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota Probolinggo terdiri dari 5 kecamatan dan 29 kelurahan (dari total 666 kecamatan, 777 kelurahan, dan 7.724 desa di Jawa Timur). Pada tahun 2017, jumlah penduduknya mencapai 232.491 jiwa dengan luas wilayah 56,67 km² dan sebaran penduduk 4.102 jiwa/km².[1]

Daftar kecamatan dan kelurahan di Kota Probolinggo, adalah sebagai berikut:


  1. Kademangan , KademanganKetapangPilangPoh Sangit KidulTriwung KidulTriwung Lor, 
  2. Kanigaran Curah GrintingKanigaranTisnonegaranKebonsari KulonKebonsari WetanSukoharjo
  3. Kedopok , Jrebeng KulonJrebeng LorJrebeng WetanKareng LorKedopokSumber Wetan
  4. Mayangan , JatiMangunharjoMayanganSukabumiWiroborang
  5. Wonoasih , Jrebeng KidulKedung AsemKedung GalengPakis TajiSumber TamanWonoasih
\


Daftar kabupaten dan kota di Indonesia menurut provinsi

Sumatra : Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatra SelatanLampungKepulauan Bangka Belitung Jawa : JakartaJawa BaratBantenJawa TengahYogyakartaJawa Timur, Kalimantan : Kalimantan BaratKalimantan TengahKalimantan SelatanKalimantan TimurKalimantan Utara, Nusa Tenggara, BaliNusa Tenggara BaratNusa Tenggara Timur, Sulawesi , Sulawesi BaratSulawesi SelatanSulawesi TengahSulawesi TenggaraSulawesi UtaraGorontalo, Maluku , MalukuMaluku Utara, Papua, Papua Barat, Papua


0 Response to "Kota Probolinggo"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *